Sunday, March 19, 2017

Kuliner #8 Trip #10 : "Makan liar di Kota Palu"

Masjid Apung Palu

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bulan ini gw berkesempatan mengunjungi sebuah kota yang belum pernah gw singgahi sebelumnya yaitu kota Palu. Kota Palu ini merupakan Ibukota dari Propinsi Sulawesi Tengah. Bicara tentang Pulau Sulawesi, ini adalah tempat ketiga yang pernah gw kunjungi. Sebelumnya gw udah pernah  pergi ke Makassar (Sulawesi Selatan) walaupun transit doang dan kota Mamuju (Sulawesi Barat) yang belom sempet gw ceritain.

Sebelum gw pergi ke Palu, seorang rekan gw memberikan informasi tentang kuliner khas Palu. Rekan gw itu bilang bahwa gw harus mencicipi makanan yang namanya "KALEDO". Dikira gw kaledo adalah sejenis ikan bakar yang biasanya banyak di jual di daerah timur, eh taunya tulang daging sapi yang ada sumsumnya. Setelah tau klo Kaledo ada sumsumnya ya gw jadi sangat bersemangat dan ga sabar pengen ke Palu. Gw dari dulu suka sama sumsum, di kota Serang tempat gw dibesarkan biasanya sumsum di campur sama nasi yang sudah dibumbui  lalu di bakar jadilah yang namanya nasi sumsum.

12 Maret 2017

Gw berangkat dari Jakarta menuju Palu transit Makassar. Perjalanan tersebut memakan waktu + 5 jam karena ada transit di Makassar. Gw berangkat pagi jam 9-an dari Jakarta trus sampe Makassar sekitar jam 11-an. Di Makassar sih gw cuma jalan-jalan di sekitar bandara Hasanudin aja ga sampe keluar. Cuma beli kopi kaleng kalo ga salah. Trus lanjut lagi penerbangan ke Palu dari jam 12-an sampe jam 3-an karena da perbedaan waktu 1 jam. Sesampainya di Bandara Mutiara di Palu, entah mengapa di otak bawaannya cuma makan aja ya mungkin emang udah nahan laper dari pagi juga kali.
Kepala Ikan Bakar Palu
Kepala Ikan Bakar di Palu
Tujuan pertama gw adalah rumah makan dengan menu ikan bakar.yaitu "Pangkep Padaidi". Di situ di jual berbagai menu hasil laut seperti ikan, cumi dan udang semuanya dalam kondisi segar. Di Pulau Sulawesi, hasil kekayaan laut sangat melimpah jadi sangat sering ditemui rumah makan ikan bakar dll. yang berbeda dari daerah lain seperti Pulau Jawa, Di Sulawesi disajikan dengan berbagai sambal seperti sambal dabu-dabu dan sambal kacang di tambah dengan kuah seperti kuah coto. Kali ini gw memesan menu kepala Ikan Bakar. Mumpung di Palu kalo di Jakarta atau Serang kan harganya mahal dan di jual setengah bagian doang.

Setelah menghabiskan santapan di meja, gw langsung check-in ke hotel yang ada di tepi teluk. Sayangnya badan gw udah terlalu cape jadi ga sempet main untuk sekedar liat teluk di sore harinya dan gw memilih bersantai di kamar sekalian mandi.

Penjual kue dange dan saraba PaluKue dange dan saraba

Sehabis Maghrib gw jalan-jalan ke sekitar hotel sekalian cari makanan atau jajanan, pas keluar dari hotel gw melihat ke arah pinggiran teluk. Ada banyak tenda yang menjual kue dange khas palu. Kue ini terbuat dari tepung sagu yang dibakar menggunakan piring tanah liat, cara buatnya mirip dengan kalo kita liat orang bikin serabi. Kue dange yang dijual ada 2 jenis isian, ada yang isinya gula merah dan ikan. Untuk satu porsi (dua kue dange) harganya 10 ribu. Gw sendiri mencoba yang pake gula merah  dan enak banget gula merahnya mencair.

Klinik Kopi Om Dokter Palu
Klinik Kopi Om Dokter

Pentol Kaledo

Lanjut lagi setelah mencoba kue dange, gw berjalan sedikit lebih jauh dan disitu ada sebuah cafe yang unik namnaya "Klinik Kopi Om Dokter". Kafe ini unik karena memiliki tema rumah sakit, semua pramusaji di kafe ini memakai seragam ala suster dan di dalam kafenya ada juga beberapa alat bantu kesehatan seperti infus dan kursi roda. Lebih mantapnya lagi di kafe ini ada live musiknya. Untuk menunya sendiri tidak berbeda untuk tempat nongkrong anak muda yang lain dan makanannya juga familiar dan ada juga menu pentol kaledo. Disitulah gw baru tau kalo kaledo ga harus pake sumsum, jadi kaledo itu daging (iga/rusuk) sapi yang di masak dengan kuah yang pake asam jawa. nah pentol kaledo sendiri campuran dari bakso pentol dan daging sapi pake kuah kaledo. Sesudah perut terisi gw balik ke hotel buat tidur.

13 Maret 2017

Bangun tidur langsung sarapan yang disediakan hotel, sehabis makan gw bersiap diri untuk mengikuti sebuah acara. Acaranya dari pagi sampe makan siang. Jadi gw makan siangnya ga terlalu berbeda jauh dengan sarapan tadi. Padahal gw udah pengen banget ngerasain si Kaledo yang ada sumsumnya itu. Abis makan siang juga bukannya semangat malah yang ada lemes dan ngantuk. Jadinya yang harusnya waktu kosong gw pake untuk keliling palu malah gw pake buat tidur.

Gw bangun sore jam 5-an, badan masih lemes akhirnya gw paksa mandi biar seger. Habis maghrib gw kepengen banget kue dange yang kemarin gw makan, langsung lanjutlah ke depan hotel buat makan kue dange, tapi kali ini gw makan yang pake ikan. Gw lebih suka yang pake ikan, apalagi pake sambelnya yang pedes banget bikin keringetan. Di warung tenda itu selain juga menjual kue dange ada juga minuman yang bikin anget namanya "SARABA". Saraba ini mirip kaya wedang jahe pake susu. pokoknya enak banget lah udah anginnya kenceng terus minum yang anget makannya yang pedes.

Masjid Apung Palu
Masjid Apung Kota Palu

Tidak jauh dari tempat jualan kue dange masih di daerah teluk ada Mesjid yang didirikan di atas air klo orang sekitar menyebutnya "Mesjid Apung". Mesjidnya tidak terlalu besar tapi keliatan cantik.

Kaledo Palu
Kaledo Khas Kota Palu
Waktu yang ditunggu pun tiba, akhirnya gw ke rumah makan Kaledo yang ada sumsumnya yaitu "Warung Makan Kaledo Megaria". Cuma kaget bukan main gw ternyata porsinya besar banget jadi gw bilang kali ini makan gila karena porsinya besar banget. di warung makan ini kita bisa memilih makan kaledo pake nasi atau pake ubi/singkong rebus. Kalo gw ga usah ditanya pasti nasi. Untuk minum lebih baik jeruk anget atau teh panas soalnya lemak dan kolestrol di Kaledo banyak banget klo minum yang dingin nanti takutnya mual. Tapi memang kaledo yang ada sumsumnya ini enak banget tapi jangan kebanyakan ntar darah tinggi. Tercapailah apa yang menjadi keinginan gw untuk makan kaledo. Badan udah ga kuat lagi nahan kekenyangan akhirnya gw balik ke hotel untuk tidur lagi.

14 Maret 2017

Oleh-oleh khas Palu
"Bawang Goreng Sri Rejeki"
Hari ini saatnya gw balik ke Jakarta, gw dapet penerbangan pagi. Perjalanan pulang gw di tempuh dalam 2,5 jam doang beda sama pas datang. Jadi gw sampe Jakarta jam 10 an langsung ke kantor untuk kerja lagi. Gw dapet oleh-oleh dari Palu yaitu "Bawang Goreng Sri Rejeki". Beda ternyata rasanya sama bawang lain, klo di lidah gw sih ada manisnya dan ada gurih asin pokoknya klo di makan buat cemilan atau di campur ke nasi uduk ya sama enaknya.

Ya begitulah pengalaman singkat gw ketika mengunjungi kota Palu yang mengenyangkan. Tks.