Wednesday, December 7, 2016

Blog #1 : "Don't think Just Blogging"

 


Assalamualaikum... 

Oke sobat kesempatan kali ini gw akan menceritakan tentang dunia yang membuat gw tertarik akhir-akhir ini yaitu blogging. Seperti yang sudah kalian semua tahu bahwa blogging adalah kegiatan membuat artikel/cerita/postingan tentang suatu ide yang kita miliki lalu kita share dan tulis pada sebuah halaman blog. Sebenernya gw sudah pernah membuat blog sewaktu gw kuliah dulu karena ada salah satu tugas besar mata kuliah praktikum internet jadi ya ala kadarnya cuma untuk mendapatkan nilai yang sekedar. Waktu kuliah dulu gw udah punya niat buat terus posting di blog, tapi banyak kendala yang terjadi belum lagi tugas kuliah yang sangat banyak dan menyita waktu. Perkembangan media sosial juga sangat pesat waktu itu seperti facebook, twitter dan plurk yang hampir menyita banyak waktu bagi mahasiswa untuk bersosialisasi. Gw juga bukan termasuk orang yang rajin waktu kuliah, hampir sebagian waktu gw untuk bermain sama teman, nongkrong ga jelas dan ber-organisasi. Boro-boro ngurusin blog, tugas gw dan jadwal main gw aja sudah bikin hidup gw sebagai mahasiswa yang asyik terenggut hahaha. Udah ah jangan diterusin, klo inget masa lalu tuh bikin sedih aja jadinya.
5 Tahun Vacuum
Ya jadi awalnya saat pulang kerja 3 bulan lalu gw ngerasa bosen banget dengan rutinitas bekerja gw yang dari hari ke hari mengerjakan kerjaan yang relatif sama dan gw juga merasa bahwa porsi kerjaan gw sekarang udah ga sesibuk waktu awal pertama kerja, nah seperti biasa klo bosen kan biasanya kita tuh buka medsos atau nge-game berjam-jam. Pada saat gw lagi buka akun medsos, gw liat banyak berita/artikel dengan memanfaatkan media blog lalu di share via medsos. Bahkan ada beberapa temen gw yang masih sampai saat ini menulis dan menuangkan ide mereka di blog mereka masing-masing. Saat gw baca artikel-artikel mereka kok kaya dapet ide buat ikutan bikin tulisan di blog gw yang udah lama ga kepake. 

Pertamanya bingung cari ide sih mau nulis apa? Mau gimana cara nulisnya? Semua keraguan sesaat sebelum menulis pun muncul di kepala. Kepikiranlah buat nulis tentang hal yang simple yang terjadi dalam hidup gw selama ini. Jadi gw memutuskan untuk mengambil 3 tema, yaitu :

  1. Tema pertama adalah trip/perjalanan karena selama gw bekerja sering ditugasin ke luar kota, jadi ga ada salahnya ngambil tema perjalanan gw selama gw tugas cuma yang diambil bagian cerita yang hiburannya aja, lagian kalo bawa tema kerjaan di dalam tulisan rasanya kaya kerjaan tuh nambah. hahaha. 
  2. Tema kedua adalah kuliner alasannya sangat simple karena gw suka makan dan suka mencari makanan unik di suatu daerah yang pernah gw kunjungi selama ini. Setiap daerah memiliki kuliner andalannya masing-masing dan selama gw hunting kuliner di berbagai daerah di Indonesia semua rasa dari kuliner itu berbeda dan sangat cocok di lidah gw.
  3. Tema ketiga adalah passion/minat/hobi, kalo yang ini sih gw rasa wajib ya karena banyak ide yang datang dari tema ini buat tulisan di blog gw. Selain itu passion gw kayaknya suka gonta-ganti tergantung kondisi gw lagi pengen ngapain dan perkembangan jaman juga. 
Setelah memutuskan 3 tema tersebut gw mulai untuk menulis semua artikel. Urusan jelek atau bagus tulisan ga gw pikirin di awal, yang ada di pikiran gw hanya bagaimana gw bisa menyalurkan semua ide menjadi tulisan dan itu sangat efektif untuk menghilangkan pikiran gw yang sedang jenuh, bosan dan penat. Dari awalnya bisa buat satu tulisan makin hari makin semangat buat terus nulis di blog pribadi. Gw berasa punya hiburan baru dari hal yang sangat ga disangka, yang tadinya cuma bikin blog untuk tugas besar kuliah sekarang malah jadi ketagihan nge-blog. Malah sempat kepikiran klo sebenernya dunia seperti ini yang gw inginkan. Untuk sekarang gw cuma bisa bilang "Don't think just blogging" artinya kurang lebih jangan mikir nge-blog aja, tuangkan ide/gagasan/saran dan apapun yang bisa kita tulis dan berbagi lah pengalaman yang bermanfaat buat orang banyak. Jangan pernah takut untuk berkreasi dan tumbuhkan rasa percaya diri. 

Sekian sejarah gw memulai nge-blog. TKS.. 


0 komentar:

Post a Comment